Bisnis dan Agen
Periklanan
Bisnis
adalah suatu kegiatan produksi, penjualan, pembelian maupun pertukaran
barang/jasa yang dilakukan oleh perorangan atau organisasi dengan tujuan
mendapatkan keuntungan atau laba. Adapun manajemen bisnis adalah kegiatan
perencanaan, pengelolaan dan operasional suatu bentuk usaha. Manajemen bisnis
memiliki 5 komponen yakni:
1.
Manajemen keuangan
Yakni sirkulasi keuangan harus dikelola dengan baik
dan digunakan sesuai kebutuhan, misal dalam hal perencanaan, penganggaran,
penyimpanan dana,dll.
2.
Manajemen
Marketing
Manajemen marketing atau pemasaran ialah kegiatan
perencanaan, penentuan target pasar, tujuan dan hasil apa yang akan didapatkan.
Tujuannya supaya meningkatkan penjualan dan pengenalan produk. Ada 3 konsep
dalam pemasaran yaitu melakukan orientasi terhadap konsumen, penyusunan
pemasaran secara integral dan kepuasan konsumen
3.
Manajemen Produksi
Berkaitan dengan proses produksi suatu barang atau
jasa. Aspek-aspek nya meliputi,
perencanaan produksi, barang yang diproduksi, mutu barang, jumlah barang, bahan
baku dan pengedalian produksi.
4.
Manajemen
Distribusi
Merupakan usaha pengelolaan penyaluran barang ke konsumen.
Manajemen ini sangat mendukung kinerja manajemen pemasaran.
5.
Manajemen SDM
Manajemen
Sumber Daya Manusia dikaitkan dengan ketersediaan dan penilaian kerja karyawan.
Dengan manajemen ini akan membantu dalam menentukan standar pegawai yang
dibutuhkan.
Agen periklanan adalah sebuah bisnis yang
bertujuan memberikan jasa pelayanan periklanan bagi siapa yang membutuhkan
dalam 3 bidang yaitu, konsultasi komunikasi pemasaran, pelayanan perencanaan
dan pemesanan media dan pelayanan kreatif. Agen periklanan tidak hanya bertugas
dalam mengiklankan suatu produk. Tapi juga sebagai penasehat dalam bidang
peningkatan penjualan, promosi dan sosialisasi atau biasa juga disebut sebagai Problem Solver (Penyelesai Masalah).
Tidak hanya sebatas penjualan, biro iklan juga membantu sosialisasi missal
tentang edukasi, himbauan dan kesehatan.
Adapun tipe
agen periklanan yakni :
a. Agen layanan penuh
(full service agency)
Menjalankan
4 pekerjaan bagi klien:
1.
Pelayanan riset
2.
Mendesain iklan (proses kreatif)
3. Penggunaan
media (media
buying)
4.
Manajemen kontrak
b. Agen layanan khusus
(specialized agency)
1 1. Butik kreatif; fokus pada ide dan eksekusi kreatif
2 2. Agen kesehatan atau medik; khusus melayani perusahaan pharmasi
3 3. Agen pemasaran langsung; spesialisasi pada perencanaan,
pelaksanaan, dan manajemen database bagi periklanan pemasaran langsung
4. Agen etnik; periklanan yang konsentrasi pada etnik tertentu.
Kompensasi agen perikalanan
yaitu,
-
komisi media, biasanya agen
mendapatkan 15 % dari jumlah tarif media.
- Upah berbasis kerja, penghasilan yang didapat dari upah per jam kerja (berdasarkan
pada komitmen waktu)
- Penggelembungan (markup), agency menaikkan biaya (biasanya) 17,65% dalam tagihan ke klien
ketika bekerja sama dengan pihak diluar agency
B.
Teknik Promosi
Promosi adalah mengiklankan suatu produk atau
merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ini
adalah salah satu dari empat elemen dasar bauran pemasaran, yang mencakup 4P:
price, product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan tempat.
Teknik promosi menurut Shimp dalam bukunya
“Periklanan Promosi, 2003” yakni sebagai berikut :
1.
Personal Selling (Penjualan Lansung)
Personal selling yaitu
proses penjualan dimana penjual secara langsung berhadapan dengan para calon
pembeli atau konsumen untuk mengetahui kebutuhannya dan menawarkan produk milik
penjual.
2.
Periklanan
Iklan merupakan
komunikasi tidak langsung yang dibayar, digunakan oleh sponsor tertentu untuk
menyampaikan kepada orang-orang mengenai sebuah produk. Dalam buku Griffin
mengatakan perusahaan dapat memilih salah satu dari tiga pendekatan umum iklan:
a.
Iklan Persuasif
Membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan
b.
Iklan Perbandingan
Menawarkan produk dengan membandingkannya dengan produk lain bahwa
produk ini lebih baik dari ini.
c.
Iklan Pengingat
Iklan pengingat atau Reminder Advertising adalah iklan yang dilakukan
pada waktu barang yang ditawarkan sudah berada dalam tahap yang lebih jauh, mungkin
tahap kematangan atau penurunan penjualan.
3.
Publikasi
Merupakan suatu bentuk penyajian untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara nonpersonal dengan membuat berita yang bersifat komersial tentang produk (barang/jasa) perusahaan yang bersangkutan. Publikasi dapat dilakukan dengan mengadakan wawancara dan hasilnya dibuat dalam media cetak. Ciri publikasi ditambah dengan tiga kualitas khusus yaitu nilai kepercayaan , dorongan iklan dan dramatisasi
4.
Promosi Penjualan
Promosi penjualan terdiri dari atas
serangkaian teknik pemasaran taktis yang dirancang dalam kerangka pemasaran
strategis untuk menambah nilai produk atau jasa sehingga tercapai tujuan
penjualan dan pemasaran yang spesifik.
Jenis pomosi penjualan:
a.
Pull Strategy
Strategi menggunakan insentif untuk memotivasi
pelanggan sehingga melakukan pembelian. Apabila pelanggan mulai tertarik dan
mencari produk atau jasa tersebut, pengaruhnya akan mendorong para retailer
untuk meningkatkan stok barang yang dicari tersebut.
b.
Push Strategy
Strategi yang menggunakan insentif untuk
memotivasi para agen atau retailer agar meningkatkan pemesanan dan meningkatkan
penjualannya dimasing-masing outlet. Caranya adalah dengan menggunakan :
-
Strategi volume discount.
-
Strategy allowance yaitu berupa pemberian
reward yang terdiri dari:
a) Off
invoice Strategi dengan memberikan potongan bagi dealer atau retailer yang
menjual produk tertentu dioutlet-nya.
b) Performance
allowance Strategi memberikan reward, misalnya bonus bagi dealer atau retailer
yang dapat menjual produk pada batas tertentu.
c) Display
allowance Strategi memberikan bonus atau pengurangan harga jual pada atau
retailer yang bersedia meletakan produk tertentu di depan sehingga jelas
terlihat oleh pelanggan.
d) Buyback
allowance Strategi untuk membeli kembali produk lama yang tidak laku atau out
of date.
e) Cooperative
advertising allowance Strategi memberikan allowance pada dialer atau retailer
yang bersedia mengiklankan produk tertentu di outlet mereka.
-
Strategy
Dealer Contest
-
Strategy Dealer Contes
-
Strategy Sales Training
-
Strategy Point Of Purchase
Strategi memajang produk sehingga dapat meningkatkan impulse
buying pelanggan.
5.
Point Of Purchase
Materi yang digunakan dalam Point Of Purchase
(POP) adalah spanduk, banner, poster, counter stand, floor stands, TV
Plasma, Video, media interaktif, serta berbagai rak panjang (display) yang
kreatif dan menarik yang didesain secara khusus sehingga mencerminkan produk
yang dijual.
6.
Sponsorship
Sponsorship adalah dukungan
finansial atau materi pendukung kepada suatu organisasi, orang, atau aktivitas
yang dipertukarkan dengan publisitas merek dalam suatu hubungan kerjasama. Sponsorship dapat membedakan
sekaligus meningkatkan nilai suatu merek.
Itulah penjelasan mengenai bisnis dan agen periklanan. Jika anda ingin powerpointnya dapat diunduh disini :
Via Zippyshare
Bisnis dan Agen Periklanan
Reviewed by Advertizer
on
May 22, 2019
Rating:
No comments: